Senin, 17 Maret 2008

Komentar MK Antropologi ( Budaya Korupsi)

Korupsi di era serba praktis sekarang ini sudah menjadi budaya yang mendarah daging di hampir seluruh kalangan masyarakat Indonesia. dalam kepraktis-an itulah, memberikan peluang besar masuknya “Virus korup” dalam jiwa masyarakat. bukan hanya masalah uang saja yang dapat di korupsi, waktu pun dapat dengan mudah bisa dikorupsi apalagi para petinggi ataupun pejabat pemerintah yang seharusnya menjadi wadah dari segala aspirasi rakyatnya malah menyalah gunakan wewenang yang telah di percayakan kepada mereka. hal ini sudah tentu menjadi rahasia umum, siapa sih yang tidak ingin punya uang yang menggelembung di dompet tanpa kerja keras? itu semua dapat diperoleh melalui bekal tampuk kekuasaan mereka, maka pundi-pundi kekayaan yang berasal dari “uangnya rakyat” bisa datang melimpah pada mereka dengan jalan yang tidak halal. di Negara tercinta kita ini, korupsi telah menjadi suatu budaya yang tidak dapat dipisahkan dengan namanya KEKUASAAN.
korupsi juga disebabkan karena individu masyarakat itu sendiri tidak pernah puas akan apa yang telah ia peroleh. hal ini dikarenan mental orang indonesia belum di perbaiki. Mulai dari atasan sampai bawahan hanya mau memikirkan diri mereka sendiri dan bagaimana caranya mendapatkan lebih dari apa yang telah mereka miliki. padahal pemerintah telah membentuk suatu badan pemberantasan korupsi tapi itu tidak memberikan kontribusi besar dalam “pemutusan hubungan” masyarakat serta pejabat kita dengan yang namanya budaya korupsi itu tadi karena korupsi sudah dianggap bagian dari hidup masyarakat indonesia. salah satu sebab gagalnya pemberantasan korupsi adalah kurangnya fungsi pengawasan sesama masyarakat akibat ketidakpedulian sosial.
menurut saya, masalah korupsi di negri ini dapat dikurangi melalui kerjasama institusi dalam operasionalnya manjalankan suatu sistem dengan jujur dan mempunyai niat yang tulus agar mampu melepaskan diri dari “penyakit korupsi” sekecil apapun itu. semoga diri kita terlepas dari praktek-praktek korup yang telah mewabah di negeri ini. marilah kita tingkatkan IMTAK kita agar lebih mudah memerangi korup dimulai dari diri kita sendiri. MARI KITA BERANTAS KORUPSI DAN TINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL!!!!!!!!!!!!!
HIDUP MAHASISWA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

1 komentar:

AL-GHAFFAR mengatakan...

assalamualaikum wr. wb
ukhti tolong dong... sebelah kiri blognya ditambah apa ke.. supaya asik